Rabu, 10 Oktober 2007

fase awal setelah pensiun ( lanjutan)

Assalamu alaikum wr.wb.

Tidak terasa waktu berjalan dengan cepatnya, tanpa terasa sudah 36 tahun saya bekerja di instansi tersebut.Alhamdulillah anak2 sudah selesai pendidikannya dan rata2 S1 dan 3 bekerja pada instansi pemerintah dan satu jadi istri karyawan instansi pemerintah.

Saya bersyukur bisa mengantarkan anak2 sampai selesai pendidikan, bekerja dan berkeluarga dan secara ekonomi alhamdulillah kehidupan anak2 sudah mulai mapan, sudah punya rumah ( walaupun kredit), kendaraan baik roda empat maupun roda dua.Tentunya ada subsidi dari ortu sebagai perangsang yang dulu waktu saya muda tidak mendapatkan fasilitas tsb.

Harapan saya waktu mengikuti kursus persiapan pensiun, ingin merubah pola kehidupan saya, yang semula 90% untuk bekerja, 10 % untuk beribadah, maka setelah saya pensiun 90% untuk beribadah dan 10% untuk masalah duniawi.

Ternyata setelah berjalannya waktu pola kehidupan yang sudah berjalan 36 tahun bekerja tidak bisa dilupakan begitu saja. Kadang masih terasa ada kekosongan, ada perasaan tidak berguna, dan ingin ada kegiatan bekerja lagi tapi tidak dengan porsi 8.00 s/d. 16.00 dan tidak ingin diperintah-perintah lagi.

Kegiatan yang sudah dilakukan sementara ini :
1. Sholat wajib 5 waktu berjamaah di masjid.
2. Mengikuti pengajian shubuh setiap hari di masjid.
3 Mengajar Iqro dan membaca Al-Qur'an kalau kebetulan ada yang berminat di masjid.
4. Mengikuti Olah raga jantung sehat, senam osteoporosis, senam diabetes seminggu 3 kali.
5.Mengikuti kegiatan di masyarakat, arisan RT, Peguyuban para pensiunan dsb.nya.
6.Mengikuti pengajian seminggu sekali bersama para Dosen Oensoed.
7.Mengikuti kumpulan Persaudaraan Haji ( IPHI ) kloter 45 tahun 1998.
8. Mengantar istri ke pasar, cucu ke sekolah secara insidentil apabila ortunya lagi ada kesibukan.
9. Membaca Buku-buku yang bermanfaat, misalnya buku agama, buku kesehatan.

Kegiatan -kegiatan tersebut terasa masih kurang sebagaimana yang saya sampaikan diatas kadang masih merasa sepi dsb.nya.

Sementara ini dulu yang bisa saya sampaikan nanti kita sambung lagi.

Wassalamu alaikum wr.wb.

2 komentar:

Unknown mengatakan...

superwash laundry - franchise laundry kiloan murah, franchise indonesia, bisnis indonesia, waralaba murah, peluang usaha baru. Telf : 081219018338, email : superwash.laundry@yahoo.com

Suara Hati mengatakan...

terima kasih karena artikelnya sangat inspiratif terlebih 4 tahun lagi saya pensiun dan sedang merncari referensi apa yang akan saya lakukan setelah pensiun